Jumat, 26 Juni 2009

Lattice

ngeBlender lageeee…….Ok, sekarang kita mau belajar tentang Lattice. Lattice itu adalah objek frame tige dimensi yang apabila diubah bentuk maka akan mengubah bentuk objek anaknya. Ini salah satu jurus dari Blender 3D yang sudah ada dari awal jaman kemunculan Blender 3d. Jadi kalo kita mau membentuk objek tanpa harus mengedit posisi dari vertek objek secara langsung, cukup gunakan lattice aja. Kita cukup mengatur vertek dari lattice hingga terbentuk objek pemodelan yang diinginkan.

Untuk pemodelan, lattice bisa dipake pada objek polygon, permukaan, dan partikel. Hebatnya lagi, lattice nggak cuma bisa dipake buat pemodelan aja, tapi juga bisa dipake buat animasi. Misal kita mau membentuk suatu objek dari sebuah UVSphere, maka :

  • Buka blender 3d nya.

  • Add – Mesh – Uvsphere


  • Add – Lattice

  • Tekan S untuk scale. Buat hingga Uvsphere mampu tertampung di dalam Lattice.

  • Pada menu Editing (F9), yaitu pada tab lattice, atur nilai u, v, dan w sehingga jumlah vertek pada lattice bertambah. Nilai u, v, dan w ini besarnya tergantung kebutuhan, jadi untuk membentuk objek yang lebih rumit, tentunya membutuhkan nilai u, v, dan w yang lebih besar. Tapi untuk kali ini, saya buat nilainya 3 aja.


  • Lalu kita membuat lattice sebagai objek induk dan UVsphere sebagai objek anakan, yaitu dengan melakukan parenting. Pilih UVsphere – (sambil menekan SHIFT) lalu pilih lattice – kemudian tekan CTRL+P – dan pilih lattice deform.


  • Sekarang objek induk dan objek anak sudah terbentuk. Coba anda pilih lattice, lalu tekan TAB untuk masuk ke edit mode.

  • Silahkan pilih vertek mana saja dari lattice, kemudian ubahlah bentuk lattice tersebut. Maka objek Uvsphere yang ada di dalam lattice pun akan ikut berubah bentuknya.


By Yomi

0 komentar:

Powered By Blogger

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP