Jumat, 01 Mei 2009

Objek Smooth

Objek mesh pada blender 3D terbentuk dari vertek - vertek yang saling terhubung satu sama lain sehingga membentuk suatu objek. Kalo kita membuat objek 3D secara default pada blender 3D, bentuk permukaan objek akan kasar atau masih terlihat sudut - sudut (kalo gw bilangnya gitu), apalagi kalau jumlah verteknya sedikit, maka bentuk objek akan semakin kasar seperti gambar di bawah.
Dengan bentuk nyang kaya gitu, kita bisa mengubahnya menjadi bentuk permukaan yang lebih halus, sehingga sudut - sudut yang terbentuk akibat pertemuan vertek bisa dihilangkan. Di Blender 3D, fasilitas untuk membuat objek menjadi lebih halus itu dinamakan smooth. Sebenernya setiap program 3D macem 3DSmax, Maya, Lightwave dan lainnya juga pasti ada. Dan kalo menurut gw, untuk tiap program 3D, fitur ini WAJIB ADA, ga boleh ngga.

Ok, balik lagi ke Blender 3D, untuk membuat objek menjadi smooth, yaitu :
  • Pada blender 3D, tekan F9 untuk ke tab Editing.
  • Lalu dalam keadaan objek terpilih, tekan Set Smooth

  • Maka lihat perbedaan bentuk objek dengan sebelum di set smooth, yang sekarang terlihat lebih halus kan.

by Yomi

0 komentar:

Powered By Blogger

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP