Kamis, 09 April 2009

Scaling

Sekarang kita nyoba fungsi scaling pada Blender 3D, OK.

  1. Buka Blendernya
  2. Default, kita akan melihat kubus di pusat area kerja Blender. Ga masalah coy, kita pake aj.
  3. Tekan S, maka akan terlihat seperti ini
  4. Sekarang gunakan Arrow Key atau geser mouse ente untuk mendapatkan pembesaran yang sesuai, dan tekan tombol kiri mouse (LMB) / Enter untuk mengakhiri.
  5. Lihat, sekarang kubus mempunyai ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.
  6. OK, selanjutnya kita akan mengubah perbesaran objek tapi hanya pada vertek terpilih saja.
  7. Dalam keadaan terseleksi ( kubus berwarna pink ) tekan TAB untuk berpindah ke seleksi mode. Sekarang vertek kubus akan berwarna kuning. Berarti kubus terseleksi.
  8. Jika kita tekan A, vertek akan berubah menjadi warna pink agak tua, artinya vertek tidak terseleksi.
  9. Nah, kita akan memilih vertek secara manual, jadi tekan B lalu tekan LMB+tahan. Sekarang geser mouse sampai dua vertek terseleksi dan lepas.
  10. Akhirnya dua vertek terseleksi dan menjadi berwarna kuning.
  11. Sekarang lakukan hal yang sama seperti instruksi no 3. Tekan S untuk mengubah perbesaran. Dan gunakan Arrow Key atau geser mouse untuk mendapatkan perbesaran yang sesuai lalu tekan LMB / Enter untuk mengakhiri.
  12. Sekarang ukuran / jarak kedua vertek menjadi berubah, dan bentuk kubus pun menjadi berubah.

0 komentar:

Powered By Blogger

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP